Tempat populer untuk tradisi padusan di solo raya dan kota jogja

Sebagian umat islam di Indonesia masih memegang teguh tradisi dan budaya mandi menyambut puasa Ramadan. Di Solo dan jogja,  tradisi mandi yang dilakukan sehari sebelum memasuki bulan puasa di sebut padusan. Meski penyebutannya di tiap-tiap daerah berbeda, tetapi tradisi ini diyakini bisa membersihkan diri dan meluruskan niat melaksanakan puasa Ramadan.
Tempat populer untuk tradisi padusan di solo raya dan kota jogja

Kebanyakan masyarakat menggelar tradisi yang sudah turun temurun ini di pemandian umum atau sungai.
Sehari sebelum puasa, warga menggelar padusan di beberapa tempat. Di wilayah Solo Raya ada sejumlah lokasi favorit warga buat menjalankan tradisi ini. Yaitu ritual padusan di Umbul Cokro di Klaten, Grojogan Sewu di Karanganyar dan Umbul Pengging di Boyolali. Sedangkan di Kota Solo, padusan juga digelar di sejumlah kolam renang dan hotel.

Umbul Cokro selalu menjadi tujuan utama bagi warga buat menjalankan ritual membersihkan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Padusan Cokro Tulung tak hanya dihadiri oleh masyarakat Kabupaten Klaten, tapi juga dari Solo, Boyolali, Sukoharjo, dan Karanganyar.

Di kota jogja terdapat banyak tempat padusan yang ramai untuk dikunjungi, antara lain. Umbul Pajangan terletak di Jalan Kaliurang km 9, tepatnya di Wonosari, Wedomartani, Ngemplak, Sleman. Umbul Pajangan merupakan bekas bangunan yang akhirnya difungsikan sebagai kolam renang.

Jogja Bay, area permainan air terbesar di Jogja. Terdapat puluhan permainan di Jogja Bay. Umbul Temanten di Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Waterpark Citra Grand Mutiara di Jalan Wates km 9

Grand Puri Waterpark kolam renang terbesar di kawasan Bantul. Kolam renang yang berada di Jalan Parangtritis Km. 9,5 Gabusan, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Aqua Splash Kids Fun merupakan wahana permainan air yang terdapat di area permainan anak Kids Fun yang berlokasi di Jalan Wonosari km 10.


Next Post Previous Post