Cara mudah mencari kunci chord gitar sebuah lagu

Untuk mencari kunci gitar atau chord dalam sebuah lagu, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah jenis lagu dan karakteristik dalam lagu tersebut yang akan dinyanyikan. Biasanya jika lagu yang akan dinyanyikan mempunyai karakteristik suasana ceria atau senang, maka penggunaan chord yang paling sering adalah kunci major atau chord mayor. Sebaliknya jika lagu yang diiringi memiliki karakteristik sedih, maka penggunaan kunci chord yang digunakan adalah chord minor.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan suasana yang pas dari lagu tersebut sehingga orang yang mendengar atau menyanyikan lagu tersebut dapat lebih menghayati arti dari lagu tersebut. Selain jenis dan karakteristik lagu, hal yang perlu diperhatikan adalah kunci chord dasar dari lagu yang ingin diriingi. Kunci chord dasar merupakan petunjuk kunci yang akan dimainkan.

Berikut ini cara sederhana untuk menentukan atau menemukan kunci gitar dalam sebuah lagu, yaitu:

1. Menggunakan Feeling atau perasaan

Metode ini lazim disebut oleh para gitaris yang sudah sering dalam bermain gitar untuk mencari kunci chord gitar dalam sebuah lagu. Sebetulnya mencari kunci lagu memakai feeling atau perasaan ada rumusan tertentu yang membantu para gitaris dalam mencari kunci gitar sehingga pemain gitar dapat mengiringi lagu yang diinginkan. Bila ingin mencari kunci chord gitar dengan feeling, maka seharusnya pemain gitar sudah biasa untuk mengiringi beberapa lagu sehingga pemain gitar ada gambaran untuk mencari kunci gitar dalam sebuah lagu.

Setelah mengetahui rangkaian kunci dasar apa saja yang digunakan dalam sebuah lagu, maka barulah pemain gitar dapat menentukan kunci gitar dalam sebuah lagu dengan memakai feeling. Rumusan untuk mencari kunci gitar dalam sebuah lagu dengan menggunakan feeling sebagai berikut:

Misalnya sebuah lagu memakai nada dasar C, maka pada awal lagu kebanyakan menggunakan kunci dasarnya yaitu "C". Pada akhir lagu juga sering menggunakan kunci dasarnya.

Jika nada dari sebuah lagu terdengar naik atau tinggi, maka chord yang dapat digunakan yaitu chord "F". Jika nada dari sebuah lagu terdengar naik atau tinggi namun ingin memberikan suasana yang berbeda, maka chord yang dapat digunakan yaitu chord "Dm" atau "Em"

Jika nada dari sebuah lagu terdengar turun atau rendah namun ingin memberikan suasana yang berbeda, maka chord yang dapat digunakan yaitu chord "Am". Jika nada agak lebih tinggi dari awal lagu, maka chord yang dapat digunakan adalah chord "G"

Penjelasan diatas adalah rumusan yang tidak pasti, hanya bersifat mempermudah untuk menemukan kunci gitar dengan menggunakan feeling. Pola sebuah lagu memiliki jenis variasi kunci yang berbeda sehingga selain rumusan diatas, pemain gitar harus sering untuk mendengar lagu dan mencoba-coba kunci gitar yang cocok dengan lagu yang dimainkan.

2. Menggunakan Nada dari sebuah Lagu

Mencari kunci chord gitar dari sebuah lagu dapat dicari dari nada lagu tersebut. Biasanya lagu yang dicantumkan nada dasarnya adalah lagu-lagu klasik, nasional dan sebagainya. Bahkan jarang sekali lagu pop mencantumkan nadanya karena biasanya langsung diberikan kunci gitarnya untuk mengiringi.

Jika sebuah lagu sudah ada nadanya dan belum ada kunci gitarnya, hal yang dapat dilakukan untuk mencari kunci gitar yaitu dengan cara memperhatikan sifat dari tiap kunci gitar atau chord gitar. Nada-nada yang ada dalam sebuah lagu menjadi dasar dalam menentukan kunci gitar. Berikut ini patokan nada untuk mencari kunci gitar dalam sebuah lagu :

nada    nada dasar C nada dasar D
1 3 5           C                     D
2 4 (6)        Dm                 Em
3 5 (7)        Em               F#m
4 6 i           F                      G
2 5 7           G                     A
1 (3) 6       Am                  Bm


nada    nada dasar E nada dasar F
1 3 5           E                       F
2 4 (6)        F#m                   Gm
3 5 (7)        G#m            Am
4 6 i           A                      A#
2 5 7           B                      C
1 (3) 6       C#m                 Dm


nada  nada dasar G nada dasar A
1 3 5           G                        A
2 4 (6)        Am                    Bm
3 5 (7)        Bm                  C#m
4 6 i           C                         D
2 5 7           D                         E
1 (3) 6        Em                   F#m


nada nada dasar B
1 3 5           B                     
2 4 (6)        C#m               
3 5 (7)        D#m                    
4 6 i           E                     
2 5 7           F#                     
1 (3) 6        G#m


Keterangan:
  • nada yang diberi tanda kurung '()' adalah patokan nada pilihan atau optional
  • Utamakan penggunaan kunci gitar mayor
  • Penggunaan kunci minor untuk mendukung karakteristik dari lagu
  • Penggunaan kunci gitar selain yang ada dalam rumusan diatas sangat memungkinkan

Next Post Previous Post