Jenis Dispenser Air Minum

Jenis Dispenser Air Minum Yang Bagus
Jenis Dispenser Air Minum

Dispenser adalah peralatan elektronik yang digunakan untuk menyajikan air minum yang mungkin setiap rumah tangga memilikinya. Berdasarkan sumber airnya dispenser dibedakan menjadi dua jenis, yaitu dispenser langsung dari kran air (plumbed-in dispenser) dan dispenser air galon (bottled dispenser). Bagi anda yang belum mengetahui dengan jelas, berikut beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis dispenser air minum yang beredar di pasaran saat ini.

Jenis dispenser air minum bedasarkan sumber air

1. Pumbled-in Dispenser

Jenis dispenser ini merupakan jenis dispenser yang sumber air minumnya disuplai langsung dari krab air atau dari pipa PDAM sehingga tidak membutuhkan galon air minum. Penggunaan dispenser ini sama seperti dispenser pada umumnya yang memiliki fasilitas air panas dan air dingin. Keunggulan pada dispenser ini lebih memfokuskan pada proses permurnian air minum. Proses pemurnian dimulai dari air dari pipa kemudian di filter dan disterilkan. Kemudian setelah disterilkan, air kran disalurkan ke tangki-tangki penampungan untuk dipanaskan ataupun didinginkan.

Dispenser ini terbilang canggih karena komponennya mampu untuk mensterilkan air sekaligus alat pemanas dan pendinginnya. Tentunya dengan komponen-komponen yang lengkap ini membuat jenis dispenser ini terbilang mahal dibandingkan dengan dispenser biasanya.

Yang perlu anda perhatikan adalah perawatan dan penggantian filter air yang rutin agar fungsinya dapat bekerja maksimal, anda tidak perlu repot-repot memikirkan urusan galon. Dispenser jenis ini banyak digunakan di perusahaan-perusahaan bahkan di tempat-tempat umum seperti bandara, stasiun dll.

2. Bottled Dispenser

Dispenser ini tentunya sudah banyak orang yang familier. Bahkan banyak yang menggunakannya sebagai salah satu peralatan rumah tangga. Perbedaan yang mencolok dibandingkan dengan jenis Pumbled-in Dispenser ialah dispenser ini memakai galon air sebagai sumber air minumnya. Komponen didalamnya hanya pemanas dan pendingin tanpa dilengkapi alat untuk memfilter air minum.

Perawatan dispenser inipun terbilang mudah sehingga tidak merepotkan. Beberapa jenis  bottled dispenser ada 4 yakni:

  1. Dispenser Biasa, dispenser ini hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan air minum tanpa didukung oleh fasilitas dan fitur apapun
  2. Jenis dispenser air minum dengan fitur Air panas dan Air biasa, jenis dispenser ini hanya didukung dengan fitur pemanas air dan air biasa
  3. Jenis dispenser Air panas dan Air dingin, jenis dispenser ini bisa difungsikan mengeluarkan air panas dan air dingin secara langsung melalui dispenser.
  4. Dispenser Air panas dan Air dingin, Yang membedakan adalah komponen pendinginnya yang menggunakan kompresor seperti pada lemari kulkas.


Selain itu, untuk bottled dispenser dapat digolongkan menjadi beberapa jenis sesuai dengan penempatan galon air minumnya, yaitu:

  1. Model Top-loading, jenis dispenser yang menempatkan galon air minum di bagian atas dispenser.
  2. Model Bottom loading, model dispenser ini menempatkan galon air minum di bagian bawah dispenser.


Itulah jenis dispenser air minum yang ada di pasaran saat ini. Pilihlah jenis dispenser air minum mana yang cocok dan sesuai dengan rumah anda. Semoga sedikit info ini bermanfaat.
Next Post Previous Post