Packaging Symbols: Simbol pada kotak kemasan

Makna Simbol-simbol pada kemasan karton box/kardus.
Sering kita melihat symbol pada kotak kardus/karton, pada bagian luarnya. Jenis simbol ini mengandung makna yang perlu di perhatikan oleh siapapun yang menyimpan dan membawa kotak kemasan tersebut supaya aman. Hal ini bertujuan agar produk yang disimpan dalam kotak tersebut tidak rusak  selama disimpan di gudang/toko dan selama pendistribusian.
Berikut simbol - simbol yang biasa tertera pada kotak kemasan. Tidak semua simbol tertera pada kotak, tapi tergantung dari jenis produk yang ada di dalam kemasan tersebut.

Simbol-simbol ini biasa disebutpackaging symbols atau cargo symbols.

1. Keep dry/Simpan di tempat sejuk
Packaging Symbols: Simbol pada kotak kemasan

Maksud dari simbol ini adalah kotak tersebut perlu dijaga agar tetap kering, jangan kena air hujan dan jangan disimpan di tempat yang basah. Simbol ini biasa tertera pada kotak yang jika terkena hujan atau basah maka produk didalamnya bisa rusak. Simbol ini biasa terdapat pada kotak kardus kemasan barang-barang eloktronik dan makanan.

2. Fragile/Barang Pecah Belah
Packaging Symbols: Simbol pada kotak kemasan

Maksud simbol ini untuk memperingatkan bahwa barang yang ada di dalam kotak bisa rusak atau pecah jika terjatuh atau jika tidak di pegang dengan hati-hati. Fragile mempunyai arti rapuh atau rentan, gampang pecah. Biasanya simbol ini tertera pada kotak kemasan barang elektronik atau barang pecah belah.

3. Handle with care
Packaging Symbols: Simbol pada kotak kemasan

Maksud dari simbol gambar dua tangan ini adalah simbol kehati-hatian. Sama dengan fragile, simbol ini menperingatkan pemilik kemasan barang ini agar selalu berhati-hati saat membawa kotak tersebut. Jika tidak hati-hati, misalkan terjatuh maka isi kotak tersebut bisa rusak. Biasanya kalau sudah ada simbol handle with care, maka simbol fragile tidak tertera lagi, atau sebaliknya.

4.Top

Arti simbol ini menunjukkan posisi atau kedudukan kotak. Saat penyimpanan di toko atau di gudang harus mengikuti simbol ini. Arah panah menunjukkan bagian atas kotak demikian juga barang yang ada di dalamnya, sehingga akan memudahkan pemilik barang saat akan membuka kotak tersebut. Simbol posisi ini harus tetap diikuti saat nembawa kotak tersebut, jika tidak mengikuti instruksi simbol ini barang yang di dalam kotak bisa rusak karena penyimpanan atau saat membawanya terbalik.

5. Maximum Stack

Maksud dari simbol ini menunjukkan jumlah maksimum tumpukan yang diperbolehkan saat penyimpanan atau saat pengangkutan. Dikhawatirkan kalau tumpukan melebihi dari jumlah yang ditentukan oleh simbol tersebut bisa mengakibatkan isi kotak menjadi rusak. Sehingga simbol ini sering disertai angka yang menunjukkan jumlah maximum tumpukan. Seperti contoh yang tertera pada simbol stack sebelah, angka 8 berarti tumpukan maksimum hanya sampai 8 kotak saja, dan tidak boleh lebih dari itu.

6. No Stack

Arti simbol ini yaitu kotak kemasan tersebut sama sekali tidak boleh ditumpuk saat membawa atau dalam penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk barang-barang yang sangat rapuh, mudah pecah sehingga produsen perlu menyertakan simbol ini pada kotak kemasan produknya.

Nah itulah simbol-simbol umum yang biasanya kita lihat pada kotak-kotak kemasan kardus/karton. Produk dalam negeri maupun produk luar negeri sering menggunakan simbol-simbol ini karena simbol ini bersifat internasional. Masih banyak symbol lainnya yang tertera pada kemasan barang ini, tergantung jenis isiannya.
Next Post Previous Post