berkarya musik

A.unsur unsur dalam mengarang lagu
    Lagu yaitu hasil karya musik yang berupa rangkaian nada nada atau tanpa disertai teks yang disusun untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan, jadi lagu berujud untaian kata dan nada. Mengarang lagu tidak semudah membalikkan telapak tangan atau hanya sekedar bersuara, untuk mengarang lagu yang baik seseorang memerlukan beberapa persyaratan dasar.
   Syarat syarat mengarang lagu antara lain:
1.memiliki bakat
Bakat yaitu kemampuan yang dimiliki sejak lahir, betapapun kecil bakat seni seseorang akan berkembang dengan baik apabila didukung oleh pendidikan dan lingkungan. Sebaliknya bakat seni akan pudar apabila tidak mendapat tempat, dukungan dan kesempatan untuk berkembang. Lingkungan yang kurang mendukung serta prasarana yang tidak memadai tidak akan mungkin bakat seni seseorang akan berkembang, bagaimanapun kecilnya bakat seseorang ternyata akan cepat menerima rangsangan atau akan lebih peka apabila dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki bakat.
2.memiliki pengetahuan musik
Lagu yaitu hasil karya musik yang berupa rangkaian nada nada atau tanpa disertai teks yang sengaja disusun untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan cara yang berlaku umum. Lagu adalah untaian kata dan nada, oleh karena itu seseorang yang akan membuat lagu harus memiliki beberapa pengetahuan dasar musik:
a.pengetahuan dasar teori musik
b.pengetahuan ilmu harmoni
Harmoni yaitu perihal keselarasan paduan bunyi, secara teknks meliputi susunan peranan dan hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan sesamanya atau dengan bentuk keseluruhanya.
c.pengetahuan dasar ritme
Rytme yaitu gerak yang teratur mengalir karena munculnya aken secara tetap, keindahan akan lebih terasa oleh adanya jalinan perbedaan nilai dari satuan satuan bunyi.
d.pengetahuan dasar melodi
Melodi yaitu rangkaian dari sejumlah nada yang ditanggapi berdasarkan tinggi rendah atau naik turunnya.
e.pengetahuan dasar pola dan bentuk komposisi
f.pengetahuan dasar ilmu vokal
Vokal adalah ungkapan perasaan yang dikeluarkan melalui suara manusia.
3.memiliki pengetahuan bahasa yang baik
a.kemampuan menentukan tema lagu dan kalimat mengembangkan dalam berbagai judul lagu.
b.kemampuan membuat kalimat yang baik
c.kemampuan memilih kata dan mengatur sehingga mampu menimbulkan bunyi ujaran yang menarik.

d.menguasai pengetahuan tentang ungkapan, gaya bahasa yang baik, karena lagu yang baik pada hakikatnya merupakan gabungan dari nada yang indah dan untaian kata yang puitis.
Next Post Previous Post