langkah langkah mengarang lagu

Dalam berkarya musik khususnya mengarang lagu tidak hanya sekedar menyusun nada nada menjadi melodi kemudian memberinya syair syair dibawahnya. Seorang pengarang lagu membutuhkan pengetahuan yang luas serta bakat yang kuat. Agar tujuan mengarang lagu dapat tercapai dengan baik, maka dibawah ini terdapat beberapa lanhkah awal didalam mengarang lagu:

1.memilih tema lagu
Tema adalah pokok pikiran, gagasan, atau ide dasa. Dalam musik tema dapat diambil dari kejadian sehari hari, pengalaman hidup, cerita rakyat, kepahlawanan, cinta dan puji pujian. Dari tema lagu kita dapat menyusun kalimat musik yang beraneka ragam, sehingga menimbulkan melodi yang bermacam macam sifat, bentuk dan jenisnya.
Misalnya:
a.tema relijius
b.tema percintaan
c.tema keindahan alam
d.tema imajinasi
e.tema karaktwr binatang
f.tema kenangan masa lalu
2.memilih komposisi
Komposisi yaitu rangkaian nada nada untuk membuat suatu symponi atau rangkain unsur unsur pokok dalam membuat sebuah karya yang baik.  Dalam usaha membentuk suatu komposisi musik diperlukan proses tertentu diantaranya:
a.menyusun nada nada tertentu guna membentuk harmoni
b.menyusun nada nada serentak guna membentuk kalimat lagu
c.menyusun phrase phrase guna membentuk kalimat lagu
d.menyusun gerakan musik yang sesuai dengan bentuk komposisi tertentu. Berbagai bentuk komposisi dipilih dalam usaha mengarang lagu. Keuntungan memilih salah satu bentuk komposisi akan memudahkan seseorang untuk membuat lagu atau berkarya musik.
3.menentukan ambitus suara.
4.menentukan tannga nada
Pemilihan suatu jenis tangga nada sangat berhubungan erat dengan karakter lagu yang akan dibuat. Tangga nada mayor mampu melukiskan karakter dan sifat lagu penuh keyakinan, optimis, mantap, riang, gembira, ceria, bangga dan menyenangkan. Sedangkan tangga nada minor mampu melukiskan karakter pesimisme, penuh keragu raguan, sedih, sendu, mudah terharu, kecewa, kegagalan, melankolis, dan sebagainya. Bahkan tidak jarang satu lagu menggunakan kedua jenis tangga nada, karena tema lagu alurnya menghendaki demikian.
5.menentukan metrum/ukuran birama
Memilih dan menentukan salah satu metrum/ukuran birama sangat mempengaruhi irama lagu yang akan diciptakan. Irama merupakan denyut nada dan unsur pokok sebuah lagu yang mampu memberi corak tertentu dan warna musiknya. Disamping itu pemilihan metrum juga akan mempengaruhi pemakain tempo yang cocok dengan irama yang dipakai.
6.menyusun melodi atau membuat syair lagu

Setiap pengarang lagu didalam menyusun melodi atau membuat syair lagu pasti memiliki cara yang berbeda. Namun antara keduanya yaitu melodi dan syair lagu tidak boleh berdiri sendiri sendiri apalagi bertentangan, kedua faktor tersebut harus merupakan satu kesatuan yang utuh. Melodi sendiri sebenarnya tanpa syairpun sudah merupakan suatu ungkapan pernyataan jiwa yang lengkap.
Next Post Previous Post