menyusun materi lagu

Materi lagu yaitu lirik/syair lagu. Didalam menyusun lirik/syair ini termasuk menentukan tema lagu. untuk itu kamu bisa cari hal-hal apa saja yang menarik minatmu maupun orang disekitar lamu apa saja. Misalnya masalah kemiskinan, kriminalitas yang meraja lela, cinta atau cerita-cerita yang bersumber dari imajinasimu.
Maksud penentuan tema ini supaya lagu yang kamu buat itu lirik/syairnya tidak akan menyimpang jauh dari cerita yang ingin kamu tampilkan dalam lagumu itu. Misalnya kamu ingin membuat lagu untuk kritik sosial pemberontak hati, lagu untuk sekedar hiburan. Untuk itu kamu harus memperhatikan susunan lirik didalam lagu itu.
Biasanya diawali lagu tidak berisi inti permasalahannya. Inti permasalahannya biasanya terdapat di reffreinnya. Sementara bagian akhir berupa kesimpulan akhir. Tetapi tidak perlu sekaku itu dalam mengikuti aturan dalam penulisan lagu itu, Toh aturannya juga tidak terlalu mengikat pula, Pengetahuan ini hanya sebagai pedoman saja.
Jadi kalau menyusun lirik/syair bagian intinya jadikan saja sebagai reffrain. Apakah nantinya lirik/syair itu puitis, seperti orang ngomong, atau lainnya. Terserah kamu sendiri yang menentukan, sesuaikan saja sama karakter musik kamu tadi.
Next Post Previous Post