Membangun kepercayaan diri dan ketenangan batin

Dalam hidup ini hanya sedikit orang yang bisa lolos dari rasa takut dan meragukan diri sendiri. Tapi jangan khawatir. Kita semua bisa belajar cara menciptakan rasa percaya diri yang luar biasa dan ketenangan batin ketika menghadapi berbagai situasi di dalam hidup kita.

Dalam majalah AURA Edisi 03/ Th.XV / Minggu ke-1 / Februari 2011 mengemukakan berbagai teknik untuk membantu melewati rasa takut dan meragukan diri sendiri untuk menciptakan hidup yang indah dan memuaskan, antara lain sebagai berikut.

Bangun rasa percaya kepada diri sendiri
      Tugas pertama anda adalah membangun rasa percaya, bahwa apapun yang terjadi dalam hidup anda, anda bisa menanganinya dengan baik. Saat ini, pikirkan sesuatu tentang bidang apapun dalam hidup anda yang merisaukan anda dan ulangi 10 kali kata- kata penting ini, “ Apapun yang terjadi saya akan bisa menanganinya.” anda akan segera mulai merasakan kedamaian di dalam hati anda. Kata-kata ini penting di ucapkan ketika bagaimana kalau muncul di dalam pikiran anda"bagaimana kalau saya kehilangan pekerjaan? Saya akan bisa menanganinya." "bagaimana kalau saya sakit? Saya bisa menanganinya." Dan apa maksud saya akan bisa menanganinya? Artinya “ saya akan belajar darinya. Saya akan tumbuh darinya. Saya akan membuatnya berhasil."

Lakukan yang terbaik lalu lepaskan hasilnya
      Untuk membantu melepaskan, kembangkan kepercayaan, bahwa "semua akan berjalan secara baik", afirmasi yang menenangkan ini adalah versi pendek dari “ Saya sudah melakukan yang terbaik, tapi jika yang terjadi tidak seperti yang saya inginkan, saya akan cari cara untuk memperkaya diri dengan apapun yang diberikan hidup kepada saya. Saya akan belajar dan tumbuh darinya, karena itu semua benar- benar terjadi secara baik.” Terus menerus mengulangi afirmasi ajaib ini bisa membungkam obrolan negative di dalam pikiran anda dan membantu anda melepaskan hasil. Membuat anda merasa damai.

Stop Mengeluh
      Mengeluh adalah petunjuk besar bahwa anda tidak bertanggung jawab untuk pengalaman hidup anda. Daripada memandang hambatan-hambatan hidup sebagai masalah, pandang sebagai peluang-peluang buka pintu untuk pertumbuhan. Jika anda bisa mengendalikan reaksi-reaksi anda terhadap apapun yang diberikan hidup kepada anda, anda menang. Kini anda punya pilihan: anda bisa meningkatkan kesedihan anda atau anda bisa menciptakan rasa pertumbuhan dan kesejahteraan anda. Itulah kekuatan. Setiap kali anda punya kesempatan untuk meregangkan kapasitas anda menangani dunia sekitar anda, anda akan merasa semakin kuat dan semakin percaya diri.

Ya, Rasakan takut dan lakukan saja
      Sering kita berpikir” Saya akan melakukannya jika saya sudah tidak terlalu takut lagi”. Tapi dalam realita, yang jalan justru sebaliknya. Harus melakukan dulu, baru rasa takut itu hilang. Satu-satunya cara untuk menghilangkan rasa takut mengerjakan sesuatu adalah keluar dan lakukan. Kuncinya aksi atau tindakan. Begitu anda melakukan sesuatu yang sering anda takutkan, bayangkan apa yang akan terjadi, rasa takut akan situasi itu lenyap. Dan lalu saatnya mengembangkan zona nyaman lebih lanjut dan bergerak ke situasi menakutkan yang berikutnya. Inilah yang dimaksud dengan petumbuhan. Dan ketika rasa percaya diri terbangun, anda akan semakin mudah dan semakin mudah untuk merasakan takut dan melakukannya.

Ketika buat keputusan, terapkan filosopi” tidak rugi”
      Filosofi “tidak rugi” memberitahu kita bahwa “ saya tidak akan rugi apa pun hasil dari keputusan yang saya buat. Saya menunggu peluang-peluang untuk belajar dan untuk tumbuh apapun yang dberikan pilihan saya”. Ingat jika anda belajar dari kesalahan-kesalahan anda, maka tidak ada kesalahan lagi. Dengan cara ini, pendekatan “tidak rugi” dalam membuat keputusan menjamin bahwa semua keputusan anda adalah keputusan yang tepat.

Sadari, bahwa anda penting
      Sadari bahwa kehadiran anda membuat perbedaan. Jika anda tidak memahami fakta yang sangat penting ini, bertindak seakan anda membuat perbedaan. Terus tanya pada diri sendiri pertanyaan 'bagaimana kalau' dalam semua bidang kehidupan anda. ''Apa yang akan saya lakukan jika saya benar-benar penting disini?" Buat daftar dan lalu ambil tindakan. Anda segera akan hidup dalam realisasi. Bahwa anda benar-benar penting.

Bertekad memberi 100% dalam semua bidang kehidupan Anda
      Ini berarti ketika anda di tempat kerja atau dengan keluarga dan teman-teman anda, atau bertemu dengan orang baru, atau jadi relawan di dalam komunitas, atau apa pun, berikan semua yang anda miliki, tak ada yang ditahan. Jika anda bertekad memberi 100%, anda merasa focus, gembira, puas, dan bahagia. Betapa agungnya perasaan ini.

Ucapkan terima kasih banyak
      Mengucapkan terima kasih adalah cara istimewa membuat koneksi penting di dalam semua bidang kehidupan anda. Kata terima kasih juga berarti membantu anda menghargai dan fokus pada semua yang baik di sekitar anda, karena itu membantu anda melepaskan semua perasaan marah dan benci yang mungkin anda pendam. Anda bisa melihat mengapa kata terima kasih adalah dua kata paling ampuh yang pernah diucapkan.
      Jika anda mulai melakukan tips diatas selangkah demi selangkah dalam hidup anda, anda akan merasa percaya diri dan pikiran tenang akan tumbuh dan berkembang. Ingat ada banyak waktu, tapi sekarang adalah waktu pasti untuk memulai.
Next Post Previous Post