Cinta sejati bisa dibangun


     Secara psikologis, yang dinamakan cinta sejati antara seorang laki-laki dan perempuan bisa jadi adalah cinta platonik, yakni cinta yang didasarkan atas kasih, dan saling mengerti kelebihan dan kekurangan masing-masing.
      Namun, praktiknya, pemahaman tentang cinta sejati berbeda-beda, tergantung pada persepsi masing-masing orang. Ada yang menganggap cinta sejati adalah cinta yang tidak akan pernah luntur meski jarak memisahkan. Hal itu tidak salah, sebab biasanya yang namanya cinta sejati memang akan tetap bertahan meski berbagai godaan menghadang.
      Namun, ada juga yang beranggapan cinta sejati adalah cinta yang tanpa perselingkuhan. Atau, cinta yang tetap tumbuh meski orang yang dicintai sudah menjadi milik orang lain. Sehingga banyak orang, termasuk remaja, yang berpendapat bahwa cinta sejati adalah takdir yang akan datang jika memang sudah waktunya.
      Padahal, sebenarnya cinta sejati itu bukanlah takdir yang akan datang dengan sendirinya. Perasaan cinta yang dirasakan seseorang kepada orang lain bisa menjadi cinta sejati kalau memang orang itu menginginkannya. Caranya, tidak terlalu sulit kok.
      Jika seseorang sudah membuat komitmen untuk mencintai seseorang, berusahalah untuk setia pada komitmen itu. Dalam hal ini, komunikasi yang positif dan berkesinambungan adalah hal yang wajib dilakukan.
      Disamping itu, diantara keduanya harus ada rasa saling percaya dan saling menghormati. Meski sudah berkomitmen untuk menjalin hubungan, bukan berarti seseorang bisa dengan bebas mencampuri urusan pasangannya. Tetap ada batasan-batasan privasi yang harus dihormati.
      Orang juga sering beranggapan bahwa lamanya hubungan sepasang kekasih bisa dijadikan ukuran bahwa cinta yang terjalin diantara mereka adalah cinta sejati. Hal itu tidak sepenuhnya benar. Sebab ada pasangan yang sudah menjalin hubungan dalam waktu yang lama, bahkan ada yang sudah ke jenjang pernikahan ternyata putus atau bercerai.
      Jadi, sebenarnya tidak ada parameter yang jelas untuk menentukan bahwa cinta yang dirasakan seseorang kepada pasangannya adalah cinta sejati.
Next Post Previous Post