Pengertian hosting and domain untuk para pemula

Hosting dapat diartikan memori sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, video, gambar, data email, statistik, database dan lainnya yang akan ditampilkan pada suatu website. Jumlah file data yang dapat dimasukkan tergantung dari besarnya web hosting yang disewa atau dimiliki, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website.

Hosting bisa diperoleh dengan menyewa pada perusahaan penyedia web hosting. Pembeli akan memperoleh kontrol panel yang terproteksi dengan username dan password untuk administrasi dan control websitenya. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran Mega Byte (MB) dan Giga Byte (GB). jangka waktu penyewaan web hosting rata-rata dihitung bulanan sampai per tahun. Transaksi pembelian hosting dilakukan di internet dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting dari berbagai negara baik di Indonesia maupun Luar Negeri.

Lokasi server peletakan pusat data web hosting ada yang di Jakarta, Singapura, Inggris, Amerika dan lainnya dengan harga sewa bervariasi. Hosting disebut juga Web Hosting atau sewa hosting adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website, sehingga bisa diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Perusahaan Hosting menyediakan hardware, jaringan, email (telepon), dan lainnya agar penyewa bisa membuat website. Server dihuni oleh banyak pelanggan, masing-masing pelanggan mempunyai batas penggunaan diskspace atau batasan ruangan dan tentu saja setiap pelanggan hanya bisa mengoperasikan websitenya masing-masing. Untuk meletakkan Website dihosting menggunakan Bahasa Program (Scripts Program). Scripts Program adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website pada saat diakses.

Jenis bahasa program sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah website. Semakin banyak ragam bahasa program yang digunakan maka akan terlihat website semakin sistenatis, dinamis, dan interaktif dan terlihat bagus.
Berbagai Scripts Program saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas website. Jenis jenis Scripts Program yang banyak dipakai para desainer website antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets, XML, Ajax dan sebagainya. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan PHP, ASP, JSP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang berfungsi sebagai pengatur dinamis dan interaktifnya situs.

Bahasa program ASP, PHP, JSP atau lainnya dapat dibuat sendiri. Bahasa program ini biasanya digunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat.

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan internet. Sederhananya domain bisa di ibaratkan sebagai nama toko. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "yahoo.com". Nama domain sering disebut juga dengan istilah URL atau alamat website.
Pengertian Domain dari sudut pandang digital
Domain adalah suatu nama berformat huruf abjad (a,b,c,d dan seterusnya) dan angka (1,2,3,4 dan seterusnya) serta simbol (-)untuk menamai alamat website sebagai pengganti format deretan angka dari alamat IP client server hosting tempat file web diletakkan.

Contoh: alamat IP server tempat file web kita disimpan adalah 56.546.78.23 sebenarnya anda bisa saja mengetikkan 56.546.78.23 langsung di browser untuk mengakses website anda, tetapi hal ini tentunya sangat tidak praktis bagi ingatan orang khususnya ingatan pengunjung website yang mengakses website anda. Karena setiap orang tentunya akan lebih mudah mengingat deretan kata daripada deretan angka. Untuk itu diperlukan domain yang berguna mengganti deretan angka tersebut agar menjadi deretan kata yang tentunya mudah diingat.

Baca juga: Software untuk mengakses internet
Next Post Previous Post