Penjelasan singkat tentang Klaim dalam Asuransi

Hal yang sangat penting untuk di ketahui dalam dunia asuransi adalah "klaim". Masalah klaim dalam program asuransi sangatlah penting,  oleh karena itu sudah seharusnya anda mengetahui apa itu klaim asuransi.

Klaim asuransi dapat di definisikan sebagai suatu permintaan resmi kepada perusahaan asuransi, di mana perusahaan tersebut diminta melakukan pembayaran berdasarkan ketentuan polis asuransi.

Proses selanjutnya setelah klaim diajukan, perusahaan asuransi meninjau validitasnya dan kemudian akan di bayarkan kepada pihak tertanggung setelah di setujui.

Klaim asuransi bertujuan untuk memberikan manfaat yang sesuai dengan ketentuan dalam polis asuransi kepada pemegang polis.  Agar Klaim Asuransi dapat diproses dan dibayar oleh perusahaan asuransi,  ada berbagai ketentuan penting mengenai pengajuan klaim yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Sebelum mengajukan klaim asuransi, pastikan memiliki manfaat sesuai dengan yang tercatat dalam polis asuransi.
  2. Polis masih berlaku (inforce). Anda harus memastikan juga, bahwa polis masih berada dalam keadaan Inforce atau aktif. Agar polis senantiasa dalam keadaan Inforce, pastikan melakukan pembayaran secara rutin.
  3. Pastikan Polis asuransi tidak dalam masa tunggu. Maksudnya masa tunggu adalah masa mulai berlakunya perlindungan asuransi.
  4. Pastikan klaim yang anda ajukan bukan pengecualian yang tertera dalam polis. Misalnya anda pernah menjalani operasi jantung. Saat mengajukan sebuah polis jenis asuransi, dan ternyata hasil medikalnya tak sesuai yang anda harapkan, sehingga untuk sakit jantung tidak bisa di cover. Jadi jika mengajukan klaim karena sakit jantung, otomatis perusahaan asuransi tidak akan membayarnya.


Setelah semua ketentuan di atas terpenuhi, klaim yang anda ajukan wajib dilengkapi dengan semua persyaratan dan dokumen pelengkap yang dibutuhkan. Untuk itu periksalah terlebih dahulu kriteria klaim yang akan anda ajukan dengan menghubungi agen asuransi.
Next Post Previous Post