membasmi rayap dengan kapur barus

Rayap merupakan serangga sosial anggota infraordo Isoptera, termasuk bagian dari ordo Blattodea atau "kecoa" yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. Rayap bersarang di kayu dan sekaligus memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara materi. Rayap juga masih berkerabat dengan semut, yang juga serangga sosial. Nah sebelum kita membahas cara membasmi rayap, mari kita kenali dulu makhluk bernama Rayap ini.

Jenis Rayap
  • Rayap Kayu Kering
  • Rayap Kayu Lembap
  • Rayap Tanah
  • Rayap Subteran
  • Rayap Pohon

Kayu yang anti rayap

1. Kayu jati
Jika Kayu jati itu semakin lama umurnya maka semakin keras, sehingga rayap tidak akan bisa untuk memakannya.

2. Kayu Merbau
Kayu ini mengeluarkan bau yang bisa mengusir rayap, dan jika kayu ini dimakan rayap, maka rayap tersebut tidak akan hidup lebih lama, sebab zat yang terkandung pada kayu tersebut dapat mematikan rayap.

3. Kayu Ulin
Kayu ini sudah jarang ditemukan, kayu ini dapat disebut dengan kayu besi karena memang kayu ini termasuk kayu terkuat di habitat aslinya.

Data dan Fakta Unik Mengenai Rayap

  • Di dalam sarang, rayap membuat kebun jamur sebagai sumber makanan. Sarangnya juga di lengkapi dengan cerobong khusus yang berfungsi sebagai ruang penyejuk udara.
  • Rayap yang ukurannya kecil dapat membangun sarang yang sangat besar dan tinggi sampai 7 meter
  • Rayap dewasa atau rayap bersayap sering disebut sebagai Laron atau Anai-anai. Pada permulaan musim hujan, laron terbang mendekati cahaya
  • Rayap membuat sarangnya dari lumpur dan dibentuk berupa gundukan tanah yang tinggi dan besar dengan banyak ruangan di dalamnya.
  • Ratu rayap dalam satu hari dapat bertelur hingga 30 ribu telur. 
  • Walaupun tubuhnya kecil, koloni rayap dapat menghancurkan gedung
  • Rayap paling suka memakan kayu hingga keropos dan hanya menyisakan kulit kayunya saja
  • Rayap hidup berkelompok dengan jumlah anggota bisa sampai 10 juta rayap
  • Rayap harus hidup berkoloni sebab jika berpisah rayap tidak dapat bertahan hidup
  • Ratu dan raja rayap berukuran lebih besar. Tetapi, ratu rayap lebih besar dengan panjang 11 cm, sedangkan raja rayap panjangnya hanya 2 cm. Sementara rayap prajurit yang bertugas untuk menjaga ratu berukuran 1 cm panjangnya.


Baca juga: Wartegg test

Berikut ini tip dan trik cara membasmi rayap:


Bahan kimia untuk pembasmi hama yang beredar di pasaran, biasanya menggunakan bahan kimia seperti alfametrin, sipermetrin, lamdasarotin, imidaclotrin, dan venfalarat. Tetapi, untuk membasmi rayap juga bisa menggunakan dengan bahan dan alat yang mudah ditemui di sekitar kita, seperti berikut ini:

1. Kapur barus
Kapur barus atau kamper ( C10H16O ) adalah Kristal yang mudah menyublim. Bahan pewangi ini berasal dari getah pohon kapur barus yang mengandung senyawa kimia bernama naftalen. Selain berfungsi sebagai pewangi, kapur barus berfungsi juga sebagai pengusir hama. Seperti rayap, kutu ataupun jamur.

2. Pestisida
Pestisida merupakan nama lain untuk racun yang digunakan untuk membunuh serangga penggangu seperti rayap.

3. Oli Bekas
Oli bekas dapat berguna untuk mengusir Rayap. Bukan karena baunya saja yang tidak disukai oleh rayap, Tapi kayu yang di olesi oli bekas itu paling di jauhi oleh rayap, sebab sifat bahan oli tersebut bisa mencegah rayap tinggal di kayu tersebut.

4. Daun Salam dan Kemangi
Aroma khas daun salam dan Kemangi sangat dijauhi oleh serangga seperti rayap.

5. Tisu + Kimia Heksaflumuron
Tisu adalah sejenis kertas tipis, dimana dalam tisu itu mengandung selulosa, jika kita lembabkan dengan air, kertas tisu ini dapat mengundang rayap, sebab Rayap menyukai benda-benda yang lembab, Tisu tersebut di semprotkan dengan cairan kimia.

6. Sabun
Sabun berfungsi untuk membersihkan kotoran pada pakaian dan kulit yang sulit dibersihkan dengan memakai air. Selain untuk membersihkan diri, Sabun dapat mengusir semua serangga, seperti semut, rayap dan serangga lainnya.

7. Air rendaman Tembakau + Garam
Air rendaman tembakau bisa mengusir rayap dari tempat pesembunyiannya. Caranya, rendam tembakau di dalam air selama semalam. Selanjutnya anda campurkan dengan garam, trus silakan semprotkan air tersebut ke sarang rayap.

8. Minyak Tanah atau solar
Minyak tanah dan solar paling ditakuti oleh semua serangga, Tak terkecuali dengan rayap. Lebih baik, sebelum anda menjadikan kayu sebagai pondasi rumah, terlebih dahulu di olesi dengan minyak tanah atau solar. dengan begitu kayu tersebut akan dijauhi oleh rayap.

9. Air Tajin (Air Cucian Beras)
Air cucian beras atau sering di sebut sebagai air tajin, ternyata dapat juga untuk membasmi rayap, Caranya dengan mencuci air beras yang pertama, lalu semprot kan air tersebut ke sarang rayap, dijamin rayap pada pergi.

10. Bubuk daun pepaya dan daun Sirih
bubuk daun pepaya dan daun sirih mengandung kavikol dan kavibetol yang mempunyai daya antibakteri 5X lipat dari fenol biasa sehingga jamur tidak mudah tumbuh pada kayu, sehingga dapat mencegah adanya rayap

11. Kapur Sirih
Panas dari kapur sirih bisa membuat koloni rayap pergi ke tempat lain, Gunakan kapur sirih untuk mencegah rayap bersarang di kayu rumah anda.

12. Meni Kayu
Meni kayu biasanya berwarna merah. Meni kayu ini sejenis cat dasar untuk kayu ini berbasis pada resin alkyd dan pigmen timah merah. Cat ini memiliki sifat adesif film yang baik dan daya tahan yang baik terhadap parasit, lapuk dan jamur dan secara umum ini termasuk dapat melindungi kayu dari rayap.

13. Akar wangi
Akar wangi selain untuk mengharumkan pakaian saat diletakan di lemari, ternyata dapat juga untuk mengusir rayap, ngengat dan juga kecoa. caranya akar wangi di bungkus dengan kain kasa.

14. Khitosan
Khitosan dilarutkan dengan cairan NaOH 60% sesuai konsentrasi yang dibutuhkan. Selanjutnya cairan tersebut di rendam dengan kertas, maka kertas saring yang sudah direndam diumpankan ke rayap. Selama 21 hari, rayap memakan kertas saring. Rayap-rayap tersebut tak menolak mengkonsumsinya. Akibatnya, rayap-rayap tersebut mati teracuni.

15. Bubuk Merica
Sediakan biji merica dan bungkuslah dalam kain kasa, selanjutnya bisa ditaruh di lemari, kusen kayu dan lainnya. Aroma tajam merica akan mengusir rayap, ngengat dan serangga lainnya.

Demikian tip dan trik tentang cara membasmi rayap, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Next Post Previous Post