webhost indonesia terbaik untuk website bisnis anda

Keberadaan webhost semakin banyak diperlukan saat ini di Indonesia. Apalagi semua aktivitas kehidupan memerlukan jasa internet. Orang membutuhkan hosting dan domain untuk membuat website seperti toko Online, blog, dan website promosi.

Hosting adalah office space di dunia nyata tempat melakukan usaha di dunia digital. Hosting diperlukan untuk kemudahan akses saat menyimpan website. Ini perlu dilakukan agar website dapat diakses melalui jaringan internet,  world wide web atau (WWW). Peluang bisnis hosting ini pun saat sekarang semakin terbuka.

Bisnis hosting adalah bisnis online yang menyediakan ruang pada server kepada individu atau perusahaan untuk menyimpan website. Saat sekarang banyak perusahaan webhosting yang menawarkan jasanya.

Kualitasnya pun tak kalah dengan perusahaan luar negeri. Kita tinggal memilih mana yang sesuai dengan ekonomi kita. Apa yang harus kita lakukan untuk memilih webhosting untuk mendukung bisnis kita?

Secara umum kita kenal hosting ini menjadi :
1. Webhosting berbayar (paid hosting)
2. Webhosting gratis (free hosting). Webhosting berbayar (paid hosting) membutuhkan sejumlah biaya yang harus dikeluarkan.

Kita harus membuat nama domain untuk alamat website, dan menyewa hosting. Ini penting, karena dengan memiliki alamat domain sendiri, bisnis akan terkesan profesional di mata konsumen. Hosting berbayar biasanya akan menyediakan layanan customer support 24 jam yang sangat membantu konsumen.

Ketika kita memakai web hosting berbayar, kita tidak perlu repot tentang maintenance dan teknis pemeliharaan. Perusahaan penyedia hosting yang akan mengurusnya. Hal yang tidak didapatkan di webhosting gratis.

Webhosting gratis (free hosting) tidak mengenakan biaya apapun untuk fasilitas yang diberikan. Namun demikian banyak keterbatasan pada webhosting gratis. Cermati apa yang bisa diberikan untuk kita. Ada beberapa penyedia hosting dan blog gratisan yang sudah cukup terkenal.

Seperti WordPress, Blogspot, Typepad, Posterous, Tumblr dan lainnya. Blog gratis yang banyak dipakai dan dikenal publik Indonesia adalah WordPress atau Blogspot. Kedua penyedia blog tersebut sudah banyak dikenal oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Namun dibandingkan dengan hosting berbayar, hosting gratis tidak sepenuhnya memberikan fasilitas sebagaimana paid hosting. Kapasitasnya cenderung sangat terbatas, dan umumnya free hosting tidak memberikan fasilitas pendukung PHP.

Selain itu, biasanya menerapkan pola strategi marketing yang ujung-ujungnya akan keluar biaya yang hampir sama dengan paid hosting. Beberapa hosting mengandalkan harga gratis atau murah di bulan-bulan awal agar klien nya mau mencobanya.

Begitu klien mulai bergantung kepada kebutuhan hosting, mau tidak mau klien akan melanjutkan berlangganan hosting-nya dengan menaikkan kapasitas (upgrading).

Yang tidak boleh terlupakan adalah soal pengamanan data-data kita. Amankah data webhosting kita di perusahaan itu? Pada sistem hosting berbayar pengamanan ini akan sangat diperhatikan. Apalagi ketika webhosting digunakan untuk berbisnis.

Bagaimana pun kita perlu memperhatikan pengamanan webhosting yang kita kelola. Hal ini sangat penting, supaya tidak timbul masalah di kemudian hari. Biasanya, mereka akan melengkapinya dengan SSL (Secure Socket Line) Certificated yang akan membuat website kita mampu bertahan terhadap kemungkinan peretasan.

Pada mulanya jenis hosting yang banyak digunakan adalah hosting gratis. Namun dengan berkembangnya kebutuhan untuk penyimpanan data dan layanan yang profesional, banyak yang beralih ke hosting berbayar (paid hosting).

Masing-masing pola memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Harga murah kadang kala tidak sebanding dengan fasilitas yang disediakan. Namun demikian, harga yang tinggi bukan berarti fasilitas yang diberikan setinggi harganya.

Ada perusahaan webhosting yang menawarkan harga murah namun tetap memberikan layanan terbaik. Pilih perusahaan yang memberikan harga yang terjangkau, dan memberikan fasilitas yang sesuai.

Perkembangan dunia maya saat ini sudah sedemikian maju. Pilihan reseller hosting menjadi alternatif yang memungkinkan. Dengan paket reseller hosting kita bisa membuat bisnis webhosting dengan nama kita sendiri.

Kita tidak harus mengeluarkan biaya dan pengelolaan server. Server reseller hosting akan disediakan oleh perusahaan webhosting. Sebagai reseller hosting kita akan mendapatkan fasilitas webhosting manager (WHM) untuk memanage account hosting dari klien-klien kita. Reseller hosting atau agen penjual hosting adalah sebuah kemudahan.

Tentukan kebutuhan apa yang kita inginkan dari webhosting yang dipilih. Tentukan terlebih dahulu fitur apa yang diperlukan untuk bisnis kita. Cermati fasilitas apa yang diberikan perusahaan tersebut. Buatlah perbandingan mana yang lebih sesuai dengan keinginan kita. Baru kemudian sesuaikan dengan tawaran mana yang sesuai.

Apa yang harus diperhatikan saat memilih perusahaan hosting yang layak untuk memulai bisnis?

1. Tentukan Pilihan Hosting.
Tentukan perusahaan webhosting yang aman dan berkelanjutan, terutama untuk bisnis jangka panjang. Apakah hosting berbayar atau cukup gratisan. Meski hosting gratis saat sekarang sudah memberikan banyak fasilitas yang kompetitif, namun ada keuntungan tersendiri memakai jasa hosting berbayar (paid hosting).

2. Layanan 24 Jam.
Pilihlah perusahaan webhosting yang memiliki layanan support 24 jam. Ini bisa menjadi pertimbangan utama agar saat hosting down atau maintenance langsung tertangani.

3. Profesionalisme.
Perhatikan sejauh mana profesionalitas dari perusahaan tersebut dalam memanage klien dan juga reseller. Searching di Google profesionalitas perusahaan hosting. Lihat feedback dari para klien dan reseller lainnya terhadap perusahaan tersebut. Bila perlu minta masukan dari teman-teman atau forum yang membahas tentang itu.

4. Besaran Paket Biaya.
Perhatikan biaya dan juga kapasitas hosting yang akan didapatkan jika menjadi reseller dari perusahaan tersebut. Apa yang kita dapatkan dari paket yang kita pilih.

5. Keamanan Data.
Keamanan hosting perlu diperhatikan apalagi tingkat kejahatan di internet saat sekarang semakin canggih. Pilih perusahaan hosting yang memberikan prioritas pada keamanan data klien. Apakah data-data kita aman di tangan perusahaan itu.?

Banyak pemain baru dalam bisnis maya ini yang mencoba untuk menampilkan layanan hosting terbaik agar website hosting-nya lebih menarik pengunjung. Pelajari terus segala sesuatu yang terkait dengan bisnis ini.

Ikuti terus perkembangan dan  terobosan-terobosan baru perusahaan webhost indonesia melalui forum-forum atau artikel yang ada. Tak ada salahnya, teliti dan hati-hati sebelum membeli hosting ini.

Baca juga: web hosting terbaik di indonesia
Next Post Previous Post