Semut Terbang

Semut terbang juga termasuk kedalam keluarga spesies semut. Semut ini masih satu kerabat dengan semut biasa yang familiar kita temui. Bila semut ini jumlahnya masih sedikit, itu bukanlah menjadi soal. Tetapi, bila jumlahnya begitu banyak tentu akan menjadi hama yang sangat menjengkelkan. Anda bisa mengusirnya langsung atau bisa juga membasmi semut ini bersamaan dengan sarangnya.
Semut Terbang




Semut merupakan serangga eusosial yang termasuk dari keluarga Formisidae. Dan semut termasuk dalam ordo Himenoptera bersama dengan lebah dan tawon. Semut terbagi atas lebih dari 12.000 spesies, dengan jumlah yang besar di kawasan tropis. Semut dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, yang terkadang terdiri dari ribuan semut per koloni.

Jenis semut dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Satu koloni bisa menguasai dan memakai sebuah area luas untuk mendukung kegiatan mereka. Koloni semut kadangkala disebut superorganisme ini disebabkan koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Semut tersebar di seluruh dunia. Hanya ada beberapa tempat yang tidak terdapat semut seperti di Islandia, Greenland dan Hawai. Di saat jumlah mereka berkembang, mereka bisa membentuk sekitar 15 hingga 20% jumlah biomassa hewan-hewan besar.

Digigit semut terbang

Pasti kalian semua tahukan serangga hitam kecil yang satu ini. Iya namanya adalah semut terbang. Semut yang posturnya agak terlihat besar dan ia memiliki sayap. Semut ini agak menakutkan juga, sebab ia suka mengigit, apalagi kalau jumlah koloninya banyak. Jika anda tergigit semut terbang ini sebenarnya efeknya tidak terlalu berbahaya. Mungkin efeknya hanya bengkak sedikit. Obatnya sangat mudah, yaitu cukup oleskan saja dengan minyak kayu putih, maka dijamin bengkak dan gatal akan hilang dengan sendirinya.

Alat Dan Bahan Yang Di Butuhkan Membasmi  Semut Terbang

  • Racun aerosol
  • Botol/alat penyemprot
  • Minyak peppermint
  • Sabun untuk cuci piring
  • Air
  • Selotip bolak balik (double tape)
  • Alat pembasmi serangga elektrik
  • Gula
  • Soda kue
  • Jebakan semut
  • Pemanis buatan
  • Ketel
  • Boraks

Cara Membasmi Semut Terbang

Cara Membasmi Semut Terbang pertama

1. Memakai aerosol
Ada banyak sekali produk yang dupakai membasmi serangga yang bisa juga di gunakan untuk membasmi semut terbang. Guna membasmi semut terbang yang masih kecil, Anda bisa memakai pembasmi serangga yang mengandung sedikit aerosol.

Baca arahan yang tersedia untuk mencegah terjadinya keracunan.
Hindarkan aerosol ini dari jangkauan anak - anak dan binatang lain di sekitar Anda.
Pakai aerosol yang aman untuk dipakai di dalam ruangan bila Anda berencana untuk membasmi semut terbang yang ada di dalam rumah.
Anda harus memastikan aerosol yang Anda pakai legal untuk digunakan di tempat Anda.

2. Membasmi semut terbang dengan memakai sabun cuci piring.
Sabun cuci piring mengandung zat yang bisa untuk membasmi semut terbang. Caranya, cairkan sabun cuci piring memakai air dalam sebuah alat atau botol penyemprot.

Botol di isi air sampai penuh, selanjutnya campurkan beberapa tetes sabun cuci piring. Kocok sampai air dan sabun cair tercampur sempurna sebelum Anda memakainya.

3. Buat cairan peppermint alami.
Minyak peppermint bisa membuat semut terbang kehabisan nafas. Anda bisa mencampurkannya dengan air atau sabun di dalam sebuah alat penyemprot untuk menjadikannya sebuah aerosol bikinan sendiri.

Campurkan sabun cair dengan dua bagian air ke dalam alat penyemprot, selanjutnya tambahkan beberapa tetes minyak peppermint. Kocok sampai semua bahan tercampur merata sebelum digunakan.

4. Buat jebakan dengan menggunakan selotip bolak balik (double tape).
Gunakan selotip bolak balik secara melingkar dan taruh sebuah makanan di tengahnya. Saat semut terkena jebakan maka mereka tidak akan dapat untuk terbang.

Agar lebih optimal, taruh selotip dekat dengan umpan. Hal ini dimaksudkan agar semut terbang hinggap tepat diatas selotip yang Anda pasang.

Karena semut ini bisa terbang, maka cara ini bisa gagal, sebab semut terbang tidak selalu hinggap secara tepat diatas selotip yang telah di pasang. Mungkin lebih baik jika Anda menggunakan opsi lain yang lebih optimal.

5. Pasang alat pembasmi serangga.
Alat pembunuh serangga elektrik bisa membasmi semua jenis serangga, dan pastinya semut terbang tentunya. Tempatkan alat ini di tempat semut terbang sering terlihat, Anda hanya tinggal melihat alat tersebut bekerja secara otomatis untuk membasminya.

Pasang alat pembasmi serangga elektrik ini di area terbuka. Dan hindarkan dari jangkauan anak-anak serta binatang peiharaan Anda sebab dapat membahayakan.

Alat ini sendiri harus bisa menarik perhatian semut terbang.
Ikuti arahan dalam pemasangan alat tersebut sehingga bisa bekerja dengan baik.

Cara Membasmi Semut Terbang kedua

1. Cari sarang semut terbang.
Untuk membasmi semut terbang dengan efektif, lebih baik membasmi sarangnya agar mereka pergi tidak mengganggu.

Spesies semut terbang berasal dari keluarga yang sama dengan semut pada umumnya. Didalam sarangnya pasti ada banyak sekali semut muda yang belum memiliki sayap untuk terbang. Oleh sebab itu, jika Anda langsung membasminya dari sarangnya, dipastikan semut terbang tidak akan mengganggu Anda lagi.

Caranya, ikuti semut terbang tersebut sampai mereka mencapai sarangnya. Selanjutnya setelah menemukan sarangnya, Anda dapat memakai cairan pembasmi serangga untuk membasminya di sarangnya.

2. Memakai air mendidih.
Sesudah Anda menemukan sarang semut terbang tersebut, Anda bisa nenyiram air mendidih kedalam sarang semut terbang tersebut. Ingat, air yang Anda pakai harus benar-benar mendidih. Setelah air yang yang di rebus mendidih, segera pakai untuk menyiram sarang semut terbang yang ada agar bekerja dengan efektif. Pastikan Anda menyiram air mendidih tersebut secara cepat, agar semut tidak keluar dari sarang dan berbalik menyerang Anda.

3. Pakailah pestisida dalam bentuk umpan.
Anda bisa menggunakan pestisida dalam bentuk umpan yang dapat membasmi semut, baik semut biasa ataupun semut terbang. Pestisida yang berbentuk umpan akan dibawa oleh semut pekerja ke dalam sarangnya untuk dimakan oleh ratu mereka. Terus saat ratu semut terbang tersebut mengkonsumsi umpan yang telah di campurkan dengan pestisida maka dia akan mati, sehingga semut lainnya dalam koloni tersebut juga akan ikut mati.

Biasanya pestisida berbentuk umpan berbentuk seperti butiran, gel atau dalam bentuk padat. Kebanyakan aman untuk diletakkan disekitar anak-anak atau hewan peliharan. Tetapi, tetap saja barang tersebut merupakan racun yang bisa membahayakan.

Sebab setiap pestisida berbentuk umpan mempunyai kandungan yang berbeda, maka bila satu jenis tidak bisa menarik perhatian semut terbang, maka Anda bisa mencoba jenis lainnya yang bisa untuk menarik perhatian semut terbang. Ingat, ikuti petunjuk yang tersedia dengan seksama untuk menghindari terjadinya hal yang tidak dinginkan.

4. Buat sebuah jebakan dengan menggunakan boraks dan gula.
Boraks adalah racun yang sangat mematikan untuk semut dan mereka tidak akan memakan secara langsung. Oleh sebab itu, Anda bisa mencampurnya dengan gula yang bisa untuk menarik perhatian semut agar mau membawanya ke sarang mereka dan selanjutnya dimakan oleh ratu mereka, efeknya pasti pada saat ratu mereka mati maka semut lainnya pun akan ikut mati dan punah karena sang ratu itulah yang bertugas untuk bertelur.

Buat campuran boraks dan gula dalam jumlah takaran yang seimbang, terus tambahkan air dalam campuran tersebut, selanjutnya kocok sampai tercampur merata. Kemudian Anda bisa meletakkannya di tempat yang bisa menarik perhatian semut terbang untuk membawanya ke sarang mereka.

Ketahuilah bahwa pasta boraks ini akan mengering dalam beberapa hari. Oleh sebab itu Anda mungkin harus membuatnya lebih banyak bila umpan pertama tidak berjalan dengan baik. Waspadalah saat memakai boraks ini, hindarkan dari jangkauan anak dan jangan sampai dikonsumsi oleh binatang peliharaan Anda sebab sangat berbahaya.

5. Basmi semut dengan memakai pemanis buatan.
Terdapat jenis pemanis buatan diketahui bisa dipakai sebagai pembasmi semut. Nah, disebabkan rasanya yang manis maka Anda tidak usah mencampurnya dengan bahan lain untuk menarik semut agar mau membawanya ke sarang dan dimakan oleh ratu mereka. Aspartam adalah salah satu pemanis buatan yang bisa Anda pakai untuk membasmi semut.

Caranya, campurkan pemanis buatan dengan sedikit jus apel agar sedikit mengental. Pasta dari campuran tersebut akan dikonsumsi dan dibawa oleh semut ke sarang mereka dan akan dimakan oleh ratu mereka.

6. Buat perangkap dengan memakai soda kue dan gula.
Soda kue adalah bahan lain yang bisa membunuh semut. Campurkan soda kue dan gula untuk mengurangi bau kurang sedap yang ditimbulkan oleh soda kue tersebut. Umpan tersebut akan dibawa oleh semut pekerja ke sarang dan kemudian akan dimakan oleh ratu semut tersebut, maka dipastikan ratu semut tersebut akan mati, sehingga hal itu akan memusnahkan koloni semut tersebut. Soda kue akan bereaksi dengan bahan zat asam yang terkandung dalam tubuh semut, yang mana hal itu akan membunuh semut tersebut.

Baca juga: kadita cantik
Next Post Previous Post