kabel rca

Mengenal Kabel RCA

Sering kita melihat ada tiga kabel berwarna merah, putih dan kuning untuk menghubungkannya dari DVD ke TV. Itulah yang dinamakan dengan kabel RCA yang banyak digunakan untuk perangkat elektronik. Kabel RCA (Radio Corporation of America) adalah salah satu jenis kabel yang memiliki fungsi dan peranan yang penting, untuk menghubungkan peralatan audio dan visual.

Arti Kabel RCA

Kabel RCA adalah kabel konvensional yang biasanya untuk mengirim sinyal analog dari peralatan audio atau video ke peralatan lainnya. Kabel RCA juga cenderung memiliki ukuran yang besar karena setiap kabel dipisahkan satu persatu berdasarkan sinyalnya. Biasanya kabel yang berwarna kuning itu untuk visual sebagai media pembawa sinyal analog video sedangkan kabel merah dan putih untuk audio dimana yang merah untuk sinyal analog audio channel sebelah kanan dan yang putih untuk sinyal analog audio channel sebelah kiri.

Memilih Kabel RCA yang Baik

Kabel RCA yang baik adalah kabel yang memiliki bahan pelindung yang kuat. Bahan pelindung yang baik dan kuat dapat mencegah terjadinya interferensi frekuensi radio dimana dapat menganggu kualitas audio. Sebaiknya memilih kabel RCA yang penghantarnya terbuat dari bahan perak atau tembaga, karena keduanya merupakan jenis konduktur yang baik.

Cara Menggunakan Kabel RCA

Kabel ini biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat audio-video yang berbasis multimedia. Kabel ini dapat dihubungkan ke PC atau komputer melalui video capture card. Jika ingin mendengarkan audio dari komputer ke sistem audio, maka tinggal menghubungkan kabel RCA konektor merah dan putih pada port speaker perangkat elektronik. Jika ingin melihat gambar pada DVD Anda ke TV, maka tinggal menghubungkan kabel RCA konektor berwarna kuning.

Next Post Previous Post