fungsi kabel hdmi

Kabel HDMI (High-Definition Multimedia Interface) merupakan konektor audio atau video digital dalam perangkat elektronika yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara sumber video seperti DVD player, komputer, digital audio player dan lainnya, serta menghubungkannya ke perangkat penerima misalnya digital audio amplifier atau LCD monitor.
fungsi kabel hdmi

Dalam perangkat komputer dan elektronika modern banyak menggunakan soket HDMI yang dikemas dalam kabel fleksibel sebagai penghubung antara sumber data yang akan dihubungkan ke perangkat penerima. Kabel HDMI mendukung transmisi video standar sampai dengan tingkat tinggi, dan juga transmisi data berupa audio digital multikanal melalui kabel tunggal.

Kabel HDMI yang umum digunakan yaitu HDMI tipe A dengan 19 pin yang sudah mendukung transmisi data video resolusi tinggi. Sedangkan untuk tipe yang lebih tinggiu yaitu HDMI tipe B memiliki 29 pin, digunakan untuk keperluan transmisi data yang lebih rumit. Namun kabel HDMI tipe ini masih jarang digunakan.
Beberapa perusahaan yang memproduksi soket HDMI diantaranya Hitachi, Matsushita Electric Industrial (Panasonic/National/Quasar), Philips, Sony, Thomson (RCA), Toshiba, dan Silicon Image.

Kelebihan yang dimiliki kabel HDMI

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki kabel HDMI yang tidak dimiliki kabel generasi sebelumnya, diantaranya:

1. Praktis, didalam kabel HDMI terdapat 19 kabel yang terbungkus menjadi 1, sehingga membuat kabel HDMI menjadi terlihat rapi, selain itu kabel HDMI ini juga praktis karena memang tidak karena memiliki bentuk yang lebih sederhana dari generasi sebelumnya.

2. Memiliki kecepatan transfer yang wusss adalah salah satu keunggulannya. Kabel HDMI mampu mentransfer data yang besar per detiknya hingga 5GB/detik. Karena kecepatan transfer yang luar biasa, maka kualitas file yang ditransfer akan jauh lebih baik.

3. Kalau generasi sebelumnya menggunakan sistem analog, kabel HDMI bekerja secara digital.

Kemajuan teknologi cukup pesat, apapun bisa terjadi disini. Mungkin dimasa depan komputer tidak memerlukan kabel. Semoga dengan diciptakan teknologi baru, akan semakin mempermudah manusia untuk menggunakannya.

Fungsi Kabel HDMI

Fungsinya adalah sebagai konektor penghubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya, dimana cukup dengan satu kabel (HDMI) maka data video dan audio akan dikirim secara lebih baik kualitasnya.

Jenis-jenis kabel HDMI

Kabel HDMI tipe A.
Jenis kabel HDMI tipe A merupakan jenis kabel HDMI yang umum dan sering digunakan dalam berbagai perangkat elektornik. Kita dapat menjumpai jenis kabel ini pada Laptop, Blue Ray dan perangkat lainnya.  Dalam jenis ini, tersusun dari 19 pin di dalam konektornya yang memiliki ukuran dimensi 13,99 mm x 4,45 mm dan disebut juga HDMI Full Size connector.

KabelHDMI tipe B.
Pada Jenis ini ukurannya sedikit lebih besar daripada kabel HDMI tipe A. Pada jenis ini terdapat 29 pin di dalam konektornya, dimana model ini dimaksudkan untuk teknologi tampilan masa depan, yang resolusinya ultra tinggi. (UHDTV, Ultra High Definition Television). Oleh karena itu konektor HDMI tipe B belum dipergunakan secara komersial.

Kabel HDMI tipe C.
Walaupun kabel HDMI tipe C terdiri dari 19 pin seperti HDMI tipe A, namun ukurannya lebih kecil dari tipe A. HDMI tipe C memiliki dimensi 4,45 mm x 13,9 mm. Jenis ini ditujukan untuk perangkat elektronik yang berukuran sedang, seperti camcorder (handycam), tablet dll.

Kabel HDMI tipe D.
Karena peruntukan HDMI tipe D untuk perangkat elektronik yang berukuran kecil, seperti camera digital saku, smartphone dll, maka tipe ini sering disebut dengan HDMI micro connector. Pada tipe ini terdapat 19 pin dengan dimensi 2,8 mm x 6,4 mm.

Harga kabel HDMI sendiri cenderung lebih mahal daripada kabel data sejenis, mengingat penggunaannya adalah untuk keperluan perangkat yang lebih canggih. Beberapa soket HDMI dapat dihubungkan dan dirubah kedalam soket lain misalnya soket VGA, PS3, USB, DVi, dll.
Next Post Previous Post