AC Water Heater: Pemanas air dicangkok ke AC

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa AC (air conditioner) bisa digunakan sebagai pemanas air atau yang sering dikenal Water Heater. Teknologi AC bisa juga digunakan sebagai pemanas air tanpa menggunakan tambahan arus listrik. Untuk mendapatkan suhu panas bisa menggunakan alat yang disebut condensor pada AC dan tentunya bisa menghemat untuk bayar listrik
AC Water Heater: Pemanas air dicangkok ke AC

Alat yang diperlukan untuk membuat pemanas air dari AC:

  • Cangkok pipa sucsen ke tabung pemanas
  • AC (Air Conditioner)
  • Tabung pemanas


Inovasi ini masih terbilang baru untuk sebuah pemanas air. Dengan pemanas air AC ini kamu tidak memerlukan energi tambahan alat elektronik baru untuk mendapatkan air panas untuk keperluan rumah tangga. Namun, tidak semua tipe AC bisa dicangkok dengan pemanas air ini. Umumnya tipe AC split yang bisa dicangkok, sedang tipe AC windows tidak bisa.

Prinsip kerja AC water heater

AC pada umumnya memakai gas freon tetapi saat ini sudah digantikan dengan R32 agar ramah lingkungan sebagai bahan pendinginnya. Ketika masuk ke AC Indoor Unit (Evaporator) suhu freon sangat dingin. Suhu yang dingin dari freon dihembuskan keluar untuk mendinginkan ruangan. Suhu panas ruangan akan dihisap sehingga freon menjadi panas ketika keluar dari AC Indoor dan udara panas tersebut masuk ke Outdoor AC.

Setelah masuk ke Outdoor dan sebelum udara didinginkan di bagian condenser, freon panas dikompres oleh Compressor sehingga suhu freon menjadi lebih panas lagi. Suhu freon yang sangat panas ini didinginkan kembali dengan cara ditiup kipas di bagian condenser. Dan freon kembali masuk ke Indoor Unit melewati expansion valve untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan oleh compressor. Begitu seterusnya.

Pada Pemanas Air yang menggunakan teknologi AC, suhu freon yang sangat tinggi yang keluar dari compressor disalurkan ke elemen pemanas (heat exchanger) yang ada di dalam tangki sehingga dapat memanaskan air yang ada di dalam tangki tersebut.

Setelah udara keluar dari elemen pemanas yang ada di dalam tangki pemanas, suhu freon tidak terlalu panas dan didinginkan kembali di bagian condenser Outdoor Unit. Keluar dari Outdoor Unit freon yang dingin kembali masuk ke Indoor Unit untuk mendinginkan ruangan. Begitu seterusnya.
Next Post Previous Post